blog post

Ijin Operasional No. 402/KPT/I/2016

Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK)

Sejalan dengan arah pembangunan kesehatan yaitu untuk lebih meningkatkan jangkauan pelayanan, pembangunan kesehatan perlu didukung oleh sumber daya kesehatan yang profesional yakni ahli dibidangnya. Rekam Medis merupkan salah satu cabang jurusan vokasi di STIKes Awal Bros Batam jenjang Diploma III yang berkonsentrasi dalam bidang terapan untuk menjadi pelopor dalam bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan secara Profesional dimana pada penekanan pada pendidikannya untuk meningkatkan sistem informasi pelayanan kesehatan melalui upaya penyempurnaan sistem dan prosedur pencatatan, pengumpulan, pengelolaan, penyajian, dan analisis informasi serta peningkatan sistem rekam medis diseluruh fasilitas pelayanan kesehatan.

Profil Lulusan 

Profil lulusan rekam medis mengacu pada KepMenKes RI No. 377/MenKes/SK/III/2017 tentang Standar Profesi Perekam Medis informasi Kesehatan, Yakni: Perekam Medis mampu mengelola unit kerja manajemen informasi kesehatan (MIK)/ RekamMedis (RM) di Instansi pelayanan kesehatan dan mampu berkolaborasi inter dan intra profesi yang terkait dengan pelayanan kesehatan.

Visi

Menjadi Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan yang unggul, Kompetitif dan menghasilkan lulusan yang Professional dalam Bidang Kodefikasi Penyakit Berbasis Teknologi Informasi di tingkat nasional pada tahun 2021 dan regional pada tahun 2026.

Misi

1. Menghasilkan lulusan Kesehatan Manajemen dan Informasi Kesehatan sebagai tenaga profesional yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan Manajemen Informasi Kesehatan yang meliputi kemampuan mengelola data (Assembling) menyimpan data (filling), memanfaatkan informasi yang berhubungan dengan diagnostik. 
2. Menyediakan sarana yang mendukung proses belajar-mengajar dan pengembangan diri peserta didik, dengan memberikan teori dan praktek pendidikan yang tepat 
3. Mempertahankan mutu pendidikan pada taraf yang tinggi, dengan kerjasama dan pemanfaatan fasilitas serta sumber-sumber pendidikan dari institusi  lain 4. Melakukan penelitian dan uji coba bidang manajemen informasi kesehatan untuk dapat memenuhi kebutuhan pengembangan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan masyarakat. 
5. Mengembangkan Intisusi Pendidikan Ahli Madya Kesehatan Manajemen 
Informai Kesehatan sebagai sumber informasi dalam pengelolaan rekam kesehatan. 
6. Melaksanakan pengambdian masyarakat berbasis kemitraan dengan masyarakat dan stakeholder.

  • Bagikan